SMK NEGERI 2 MAJENE

Jl. Dr. Ratulangi No. 9 Majene, Sulawesi Barat

Maju Cerdaskan Anak Negeri

Diklat Pengembangan Pembelajaran Berbasis STEM SMKN 2 Majene Bekerja Sama PPPPTK Malang

Kamis, 18 Oktober 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 89 Kali

Pada hari Senin, tanggal 15 Oktober 2018  SMKN 2 Majene sebagai penyelenggara Diklat Pengembangan Pembelajaran Berbasis STEM (Science Technology, Engineering, Mathematics), yang di ikuti 18 SMK yang ada di sulawesi barat yaitu :

  1. SMKN 7 MAJENE
  2. SMKN 5 MAJENE
  3. SMKN 4 MAJENE
  4. SMKS KOTA TINGGI
  5. SMK MEGA LINK MAJENE
  6. SMKS ISLAM DDI PONIANG
  7. SMKS BUNGA BANGSA SEJAHTERA
  8. SMKN 8 MAJENE
  9. SMKN 6 MAJENE
  10. SMK HARAPAN BANGSA MAJENE
  11. SMKN 3 MAJENE
  12. SMKN 2 MAJENE
  13. SMKN 1 MAJENE
  14. SMKN 1 TOBADAK
  15. SMKN TOPOYO
  16. SMKN KOROSSA
  17. SMKS BINA KARYA
  18. SMKN 1 BUDONG-BUDONG

Pembelajaran berbasis STEM yang di adakan di SMKN 2 Majene berjumlah 72 peserta yang di bagi dalam 3 ruangan. Pelaksanaan acara ini dimulai tanggal 15 sampai dengan Tanggal 20 Oktober 2018. Adapun tujuan dari diklat tersebut yaitu untuk meningkatkan daya saing global dalam ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi serta untuk meningkatkan pemahaman pendidikan STEM untuk semua warga masyarakat.

Penguasaan ilmu eksakta, terutama di bidang science, technology, engineering, dan mathematic (STEM), memegang peran penting di dunia pendidikan. Menghadapi tuntutan bidang karir pekerjaan/ketrampilan abad 21 global, kelima bidang tersebut menjadi kunci sukses bagi pembangunan suatu negara, terutama dalam mempersiapkan kurikulum bidang karir pekerjaan negara berkembang seperti Indonesia.

“Pendidikan berbasis STEM membentuk sumber daya manusia (SDM) yang mampu bernalar dan berpikir kritis, logis, dan sistematis, sehingga mereka nantinya mampu menghadapi tantangan global serta mampu meningkatkan perekonomian negara.” Pendidikan STEM mengasah kemampuan generasi muda Indonesia untuk memahami isu yang lebih kompleks, sehingga dapat mencari solusi yang kreatif. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan keterampilan kreatif sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan guna meningkatkan produktivitas. Keberhasilan Indonesia di masa mendatang sangat bergantung pada keahlian/ketrampilan dan kemampuan berfikir orde tinggi, terutama di bidang STEM.

Pendekatan terpadu pendidikan STEM dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki pengetahuan interdisipliner dalam mempersiapkan bidang karir pekerjaan menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dan sekaligus untuk mewujudkan proyeksi Indonesia sebagai negara perekonomian terbesar ketujuh di dunia pada 2030.

(sadar ST)

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Muhammad Tamrin, M.Pd.

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

KATEGORI